Guepedia - Everyone can write and publish a book

pojokseni.com – Penulis baru bercita-cita buku yang dikarangnya bisa tembus pasar nasional. Jadi, beberapa penulis memulainya dengan membuat naskah cerita, baik berupa novel, artikel, essay, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, tips, buku petunjuk sampai buku pelajaran. Membuat buku tidak bisa dikatakan sebagai proses yang mudah. Ada banyak riset, banyak buku yang dibaca, banyak minta saran, banyak revisi dan yang pasti banyak pula gelas kopi yang dihabiskan.

Setelah buku selesai dibuat, juga telah melewati proses editing dan revisi terakhir, masalah belum selesai sampai di situ. Penulis masih harus mengirimkan karyanya ke penerbit. Penerbit mayor tentunya menjadi pilihan pertama bagi para penulis. Tapi prosesnya lama, paling cepat tiga bulan baru akan diterima hasilnya, ditolak atau diterima. Kalau diterima, masih menunggu antrian panjang untuk diterbitkan. Bisa-bisa satu tahun setelah diterima, baru akan diterbitkan.

Kalau ditolak, maka penulis akan putar otak. Penerbit indie menjadi jawabannya. Tinggal bayar, mungkin sekitar Rp 2 juta untuk 100 eksemplar sudah tambah ongkos kirim. Tapi, setelah buku indie tersebut selesai cetak, maka si penulis harus segera menjualnya, ribet, toh?

Kalau si penulis sudah punya nama, mungkin penjualannya akan lebih mudah. Tapi, kalau penulis pemula dan baru saja menerbitkan tulisan pertamanya, maka penjualannya akan jadi sulit. Lama menunggu, kadang tidak satu juga bukunya dibeli.

Setelah itu apa yang terjadi? Si penulis depresi, lalu tidak mau menulis lagi. Aduh, sayang sekali. Naskah yang sudah dibuatnya menjadi barang antik di dalam PC atau laptop.

 

Menerbitkan Buku Cepat, Mudah dan Murah di Guepedia

Tim pojokseni.com tidak sengaja menemukan sebuah penerbit yang memungkinkan penulis bisa menerbitkan karyanya, lalu dijual secara nasional lewat toko daring yang jaringannya sampai se-Asia Tenggara. Buku yang dibuatnya bisa saja laris di pasaran, bahkan bisa menyandang gelar penjualan terbaik!

Penerbit tersebut adalah Guepedia. Anda tidak perlu takut naskah ditolak, juga jangan takut biaya yang mahal. Anda sudah bisa menerbitkan karya terbaik Anda hanya dengan biaya mulai dari Rp 250.000 saja, loh!

Tarif murah menerbitkan buku di Guepedia

Tidak hanya itu, bila Anda masih ingin karya Anda diedit lagi oleh tangan-tangan ahli dan profesional di Guepedia, tarifnya juga murah hanya Rp 3.000 per halaman. Tidak bisa buat cover buku? Juga ada layanan pembuatan cover yang biayanya juga terjangkau. Hanya Rp 250.000, Anda akan mendapatkan dua konsep cover yang bisa Anda pilih sesuai kemauan Anda.

Ada dua paket yang ditawarkan, yakni paket gratis dan paket premium. Paket gratis, Anda hanya perlu membayar Rp 250.000 untuk pembuatan ISBN dan buku bukti terbit, dua ke Perpustakaan Nasional dan dua ke penulisnya. Kalau Anda ambil paket Premium, maka sudah plus desain cover, editing dan layout juga media promosi lewat berbagai akun sosial media Guepedia.

Kalau dihitung, misalnya karya Anda 100 lembar, maka biaya editing dan layout hanya Rp 300.000, ditambah desain cover Rp 250.000 dan ISBN Rp 250.000. Berarti, total hanya Rp 800.000 dan Anda sudah bisa dapat paket premium dari Guepedia.

 

Bagaimana Kelanjutannya?

Selanjutnya, Anda sebelum mengirim naskah tentunya akan membuat akun di website Guepedia. Nah, di website tersebut Anda akan mengirimkan naskah yang sudah melewati proses editing dan lay out, juga cover buku, bila tidak mengambil paket premium.

Salah satu buku yang diterbitkan Guepedia (sumber: Akun FB Guepedia)

Bila mengambil paket premium, maka Anda hanya perlu mengirimkan naskah saja. Urusan editing, lay out, pembuatan cover, promosi buku, dan lain-lain, serahkan pada Guepedia. Tentunya, setelah buku terbit, sebagai penulis juga ikut promosi kecil-kecilan, dong.

Setelah itu, naskah Anda akan segera diterbitkan. Berapa waktu tunggu? Satu tahun? Satu bulan? Atau malah satu dekade? Dari beberapa penulis yang sudah tergabung dan menerbitkan buku, ternyata buku tersebut sudah berhasil cetak dalam kisaran satu minggu sampai 10 hari saja? Tuh, cepat dan mudah, kan?

Dari website Guepedia, Anda juga bisa cek berapa penjualan buku Anda. Setiap satu buku terjual, maka Anda akan mendapatkan royalti 15 persen dari harga buku. Jumlah itu lebih besar dari kebanyakan penerbit mayor, loh. Misalnya buku Anda dijual Rp 50.000, maka setiap buku terjual Anda berhak mendapatkan Rp 7.500.

Bayangkan saja kalau di bulan pertama sudah berhasil menjual 200 sampai 300 buku saja, -jumlah yang jauh lebih sedikit dari teman Facebook Anda-, Anda sudah mendapatkan royalti sebesar Rp 1.500.000 sampai Rp 2.250.000. Tidak seperti penerbit biasanya yang memberikan royalti setiap 3 sampai 6 bulan sekali, maka di Guepedia, royaltinya akan langsung ditransfer ke rekening Anda setiap bulan. Wah, jadi gaji tambahan, nih.

 

Banyak yang Sudah Berhasil

Seorang penulis di Guepedia yang karyanya diapreasiasi surat kabar lokal.(sumber : Akun FB Guepedia)

Seorang penulis di Guepedia yang karyanya diapreasiasi surat kabar lokal (sumber: Akun FB Guepedia)

 

Pada awal lahirnya tahun 2015, baru ada sekitar 100 penulis yang tercatat menerbitkan bukunya bersama Guepedia. Tapi, seiring berjalan waktu, sekarang sudah ada ribuan penulis loh.

Beberapa penulis sudah berhasil menjadikan bukunya sebagai buku yang best seller. Bahkan, ada yang sempat masuk koran loh. Mungkin akan ada beberapa yang bukunya direview oleh Pojokseni nantinya, kalau si penulis dengan baik hati ingin mengirimkan bukunya pada kami. (Eh, malah berharap?)

Jadi, selain tidak akan menerima penolakan, PHP dan royalti yang super kecil yang tentunya akan membuat sang penulis malah mengelus dada, tidak ada salahnya mencoba menerbitkan buku bersama Guepedia. Ingin bertanya lebih banyak dengan Guepedia, silahkan kontak akun Facebook, Twitter, dan Instagramnya dengan nama Guepedia.

Bagaimana? Ada naskah kamu yang sudah penuh dengan sarang laba-laba di komputer atau laptop? Daripada mubazir, yuk coba terbitkan bersama Guepedia. (ai/pojokseni)

Tags:

Tinggalkan Balasan

X